Cara Membuat Backlink PBN di Blogger

Daftar Isi
Cara Membuat Backlink PBN di Blogger

Membuat backlink sangat penting untuk meningkatkan performa situsmu di mesin pencari. Salah satu cara paling ampuh adalah dengan membuat backlink PBN.

Cari ini cukup efektif dan mudah membuatnya di platform blogger.

Blogger.com adalah platform untuk membuat situs blog gratis. Membuatnya pun mudah dan hanya dengan menggunakan akun google kamu dapat membuatnya. Sangat cocok untuk mereka yang masih pemula dan membagikan idenya.

Cara Membuat Backlink PBN di Platform Blog Gratis Blogger.com

Apa itu backlink PBN? - Backlink PBN atau Private Blog Network yaitu Jaringan blog pribadi dibuat menggunakan blogger, wordpress dan platform lainnya yang dioperasikan oleh satu orang.

Intinya kita membuat postingan dengan tujuan menaruh tautan ekternal link ke blog utamanya, sehingga akan menaikkan otoritas situs tersebut.

Membuat Blog Pbn di Blogger

Terdapat beberapa manfaat membuat baclink PBN untuk performa situsmu ;

  • Meningkatkan peringkat SEO situs.
  • Meningkatkan otoritas situs.
  • Meningkatkan popularitas dan kepercayaan.
  • Mempercepat indeks Google pada konten baru.
  • Meningkatkan kualitas dan kredibilitas situs.

Membuat backlink ini akan memiliki segenggam dampak positif, sehingga kamu dapat menerapkannya. Backlink PBN dapat membantu meningkatkan performa moneysite dalam persaingan di Keywords pada mesin pencari.

Daripada kita membeli di jasa jual beli backlink PBN yang harganya nggak maen-maen. Mending kita membuat sendiri dan full support.

Kali ini kita membuatnya melalui CMS Blogger.com, kenapa memakai host dari blogger? karena gratis dan optimasinya pun sama saja.

Membuat Buat backlink pbn ini juga perlu modal seperti membeli domain. Sedangkan hostingan gratis dari Blogger.com platform populer dan sering digunakan untuk membuat blog.

Sesuai namanya PBN dipakai untuk ngebacklink situs kita sendiri, tetapi adapula penjual jasa backlink PBN. Agak melenceng sih, alhasil bukan private blog karena yang ngebuat bukan kita sendiri. Cuman nggak full control kalau kita menggunakan jasa backlink PBN. Ya tidak masalah kita menggunakan jasa tersebut, perhatikan pula kepercayaan penjual jasa backlinknya.

Peringatan!
Dapat terkena pinalty jika menggunakan PBN sebab termasuk kedalam link atau tautan manipulasi. Hal ini dapat menyebabkan situs moneysite beserta Blog PBN-nya akan lenyap di pencarian Google.

Saya tidak menjamin melakukan nge-backlink PBN ini akan aman. Berlaku pula menggunakan jasa backlink PBN yang mahal.

Tetapi, cara ini sangat efektif untuk menaikkan PageRank, jika sobat ingin membuat blog pbn ini simak tutorial dibawah ini;

1. Gunakan Expired Domain

Untuk membangun blog PBN ini gunakan domain TLD dengan Aged domain/expired domain. Bedanya kenapa kita membutuhkan expired domain karena biasanya memiliki banyak backlink.

Sesuai dengan namanya domain expired yaitu domain yang tidak diperpanjang oleh pemilik sebelumnya. Mungkin dengan alasan tertentu domain ini tidak diperpanjang.

Nah! kita akan memanfaatkan domain ini, yang kemungkinan sudah dioptimasi oleh pemilik sebelumnya.

Tips mencari domain expired yang berkualitas :

  • Cek Riwayat Konten Domain

    Cek dahulu apakah domain tersebut digunakan oleh pemilik sebelumnya dengan konten ilegal atau tidak. Jika histori domain tersebut mencantumkan konten p*rnografi ataupun judi, jangan kamu ambil.

    Untuk mengecek artikel lama di domain expired ini kamu dapat mengunjungi situs https://web.archive.org/.

    Dari melihat riwayat domain ini, kamu bisa melihat niche seperti apa domain tersebut sebelumnya. Cara ini adalah langkah penting dalam mendapatkan domain expired yang berkualitas.

  • Perhatikan Skor DA dan PA

    Cek dahulu skor da dan pa, hal ini adalah penentu kekuatan domain dalam bersaing di pencarian google.

    Semakin tinggi Domain authority (DA) dan page authority (PA) maka akan semakin tinggi pula kekuatan domain tersebut diserp.

    Untuk mengecek da dan pa ini dapat mengunjungi situs Moz, tinggal ketikkan domain di kolom yang tersedia. Maka akan muncul data dari domain tersebut.

  • Cek Usia Domain

    Menghitung umur domain dilakukan sejak awal domain tersebut diaktifkan dan digunakan. Contohnya nih, ketika saya membuat situs dengan domain www.examples.com pada tahun 2009. Jadi pada saat tahun 2023 usia domain sudah 14 tahun.

    Akan tetapi saya tidak perpanjang domain itu karena faktor tertentu sehingga domain telah kadaluwarsa dan tidak aktif, nah ini disebut expired domain.

    Sedangkan domain yang masih aktif dan berumur akan tetapi ditinggalkan pemiliknya disebut aged domain. Itulah bedanya exp dan aged domain.

    Untuk mengecek rentang usia domain, silahkan masuk ke situs https://web.archive.org/.

    Cek Usia Domain

    Maka akan terlihat awal konten yang dipublikasikan dari keaktifan domain tersebut.

Dari tips atau cara mendapatkan domain expired yang berkualitas diatas, memang perlu modal dalam pembuatan blog PBN ini.

Namun, menggunakan domain expired memiliki kekurangan yaitu : tidak populer seperti yang sebelumnya, kualitas backlink kurang bagus dan tidak bisa custom domain. Jadi jangan salah pilih dalam mencari domain expired yang terbaik.

Setelah menemukan domain yang cocok, kamu dapat mendapatkannya di penyedia domain yang kamu sukai.

2. Buat Blog di Blogger

Blogger merupakan platform gratis untuk membuat blog. Kekurangan blogger yaitu kurangnya fitur plugin pendukung. Tetapi kamu yang paham javascript, dapat mudah membuatnya sendiri.

Caranya cukup mudah buat akun dan membuat blog di Blogger. Hanya menggunakan akun google, kamu dapat membuat blog di blogger ini.

Nah, kita nge-host gratis di blogger, jadi cuma menambahkan domain TLD yang telah kita dapatkan tadi. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di postingan cara memasang domain ber-TLD di blogspot.

3. Gunakan Tema Blogger Menarik

Banyak penyedia template blogger premium seperti sugeng.id, jagodesain.com dan sebagainya. Gunakanlah template responsive dan juga fast loading, selain itu template tersebut mendukung fitur lazyload. Dengan penggunakan lazyload akan mempercepat loading blog tersebut.

Template pada zaman sekarang banyak komponen fitur yang mendukung optimasi SEO, saya punya koleksi template premium blogger yang sudah terupdate, tapi trakteer dulu ya sob! hehe. Silahkan kalo mau, bisa berkunjung situs trakteer saya dan sudah saya sediakan reward template premium (disini).

Saya sarankan jangan gunakan template bajakan, resiko dari template bajakan yaitu terdapat link redirect ke situs lain.

Penggunakan template ini agar situsmu akan lebih terlihat menarik, bersih dan enak dilihat.

4. Tambahkan Artikel Pembuka

Setelah mengikuti alur diatas, blog kamu siap digunakan. Selanjutnya, isi blog dengan artikel starter. Langkah ini merupakan pondasi awal untuk membuat blog PBN.

Isi artikel dengan mengarahkan internal link setiap postingannya.

Jangan kasih backlink ke moneysite dahulu, biarkan setiap postingan terindeks dan kita pantau. Kira-kira buatlah postingan 5 sampai 10 artikel original dan bukan hasil dari tools spinner.

Kamu juga dapat mencari referensi artikel di Wayback Machine dengan memanfaatkan konten lama dari domain expired. Tetapi setelah mendapatkan artikelnya jangan langsung dipublikasikan, edit terlebih dahulu dan cek plagiarism-nya.

Sesuaikan juga niche-nya sama dengan situs moneysite.

5. Optimasi Blog PBN

Cara optimasi blog PBN antara lain:

  • Daftarkan blog di google webmaster tools.
  • Pada postingan gunakan permalink sederhana dan sesuai keyword.
  • Optimasi Gambar.
  • Gunakan Heading dan subHeading.
  • Tambahkan internal link.
  • Buat tautan link menjadi open new tab.
  • Perhatikan panjang artikel.

Intinya optimasi ini agar blog dapat terindeks dan muncul ke pencarian google, sehingga visitor organik akan terus bertambah.

6. Cara Menggunakan PBN

Setelah menerapkan tutorial diatas, kita pantau blog PBN ini, cek apakah pengindeksan bagus atau enggak. Kalaupun artikel susah muncul dipencarian kamu dapat membaca postingan cara cepat terindex google. Artikel tersebut berisi tentang cara menambahkan sitemap, sitemap cadangan dan optimasi lainnya.

Kira-kira tunggu satu bulan hingga blog tersebut layak untuk dikasih backlink ke moneysite.

Cara Menggunakan Backlink dari Blog PBN

  1. Pakai Artikel noCopas.

    Gunakan artikel nocopas dan berkualitas, selayaknya seperti moneysite. Selain itu jangan menggunakan artikel dari tools instant artikel, karna biasanya akan susah diindex nantinya.

    Buat artikel yang relevan dengan nichenya.

  2. Anchor Text Backlink

    Jangan menggunakan anchor text dengan kata kunci target utama saja, sehingga sangat monoton. Tetapi, berikan variasi dan berbeda pada setiap PBN ke moneysite.

  3. Pasang Backlink di Profil Blogger

    Untuk memasang tautan di bagian profil blogger, kamu bisa masuk ke menu setelan > profil pengguna > isikan pada bagian perkenalan diri. Format link ini menggunakan kode html seperti <a href="https://www.examples.com/">Ancor Text</a>.

    Memasang tautan di bio blogger ini termasuk kedalam link dofollow.

  4. Atur Jumlah Backlink ke Moneysite

    Jumlah backlink perlu diatur untuk menghindari pinalty google. Idealnya membuat backlink ke moneysite jangan lebih dari 10 backlink.

    Buat backlink dengan 3 backlink mengarah ke beranda moneysite dan sisanya arahkan ke postingan moneysite.

    Perlu diperhatikan juga!

    Jangan menggunakan backlink ke antar blog PBN, maksudnya blog PBN dengan blog PBN saling memberi backlink. Nah cara ini akan mudah terdeteksi juga rentan terkena pinalty untuk blog PBN dan moneysitenya.

Blog PBN yang sudah dioptimasi, dan terdapat artikel pejwan di search engine kemungkinan akan bertambah trafiknya. Sehingga, akan mendapatkan trafik refferal dari blog PBN tersebut.

Semakin kuat blog PBN maka aka semakin kuat pula moneysite-nya.

Penutup

Sekian dulu, artikel mengenai cara membuat blog PBN di cms Blogger dengan mudah dan SEO. semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Huda
Huda Hallo saya adalah penulis di blog bunghuda.com. Saya blogger biasa, cuma kebetulan suka menulis.

Posting Komentar