Cara dan Solusi Postingan Blog Cepat Terindex Google

Cara postingan blog cepat terindex google dengan cepat. Terdapat beberapa penyebab mengapa postingan tidak muncul di search engine google.
Cara Artikel Cepat Terindeks Google

Cara postingan blog cepat terindex google dengan cepat. Terdapat beberapa penyebab mengapa postingan tidak muncul di search engine google.

Dengan membaca artikel ini sampai selesai, saya yakin sekali kamu tidak perlu lagi membutuhkan jasa index google. Karena setelah membaca artikel ini, kamu akan bisa indeks langsung ke Google.

Penyebab Website Susah Di Indeks Google

Yuk kita memulai pembahasan tentang Cara agar muncul di pencarian google alias cara bagaimana agar bisa indeks ke Google dengan cepat, sekalian harus tau dulu nih, apa aja sih penyebab dari susahnya website kita di indeks google.

Berikut dibawah ini adalah penyebab kenapa Website susah di indeks google dan solusinya.

1. Domain Belum Di Setting

Buat kamu yang suka beli domain, dan lupa untuk setting domain atau belum mengerti cara untuk setting domain agar bisa di indeks google, mulai sekarang harus banget untuk mengutamakan setting domain kamu.

Atau yang belum bisa, bisa membaca artikel saya sebelumnya yang membahas tentang cara setting domain baru untuk blogger dan bisa juga langsung berkonsultasi dengan menghubungi saya di bagian halaman kontak kami.

2. Belum Mendaftar ke Google Search Console

Webmaster Google Tools

Mendaftarkan google webmaster tool sangat penting untuk pengindeksan situs.

Apabila situsmu masih baru silahkan daftar terlebih dahulu.

Terdapat beberapa fitur didalam Search Console yang kamu harus lakukan :

2.1. Menambahkan Sitemap

Menambahkan Sitemap

Terdapat beberapa sitemap yang kalian harus tahu. Sitemap defaultnya yang harus kamu tambahkan seperti ini.

sitemap.xml

Selain itu kamu dapat menambahkan sitemap cadangan seperti berikut ini.

rss.xml
atom.xml
feeds/posts/default?orderby=updated
sitemap.xml?page=1
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Ada sedikit perbedaan format dan fungsinya antara lain,

Sitemap XML memiliki fungsi untuk merayapi seluruh rangkain url situs.
Sedangkan, Atom/RSS feed untuk merayapi perubahan atau update terbaru.

Jika kalian masih bingung dalam penerapan sitemap mana yang harus di submit di search console. Kamu dapat menggunakan semua url sitemap diatas untuk mempercepat crawling dari bot google.

2.2. Inspeksi URL

Submit tiap postingan di inspeksi URL, agar google dapat merayapi url postingan tersebut.

Pengertian inspeksi url yaitu sebuah fitur yang terdapat di Google Search Console untuk mengindeks, memindai situs dan memahami struktur suatu konten.

Alat ini juga sangat penting untuk mengoptimalkan situsmu, juga sebagai informasi apakah terdapat masalah teknis di konten tersebut.

Inspeksi Url Google Search Console

Cara menggunakannya dengan menempelkan url defaultnya ke kolom inspeksi url.

2.3. Index API Google

Cara ini bisa menjadikan kalian opsi untuk proses pengindeksan secara instant tanpa melalui search console.

Walaupun tanpa search console google tetapi masih ada kaitannya.

Pengindeksan API menggunakan software dari PC ataupun Laptop, jika menggunakan HP tidak dapat dilakukan.

Menggunakan software ini dapat melakukan 100 url postingan dalam sekali submit.

Tutorial cara membuat dan memasang software ini kamu dapat membaca pada post Cara Index Artikel Manual Menggunakan Software.

3. Tidak Mengupdate Konten (Artikel)

Salah satu cara agar artikel terindex adalah mengupdate artikel. Saya pernah mengalami salah satu artikel yang saya buat, sangat lama terindex google.

Hampir 1 bulan artikel tersebut tidak kunjung terindex. Padahal artikel tersebut saya buat manual tanpa copas.

Yang saya lakukan adalah mengupdate artikel dengan mengganti kualitas konten yang relevan dan mengecek format atau peringatan pada artikel tersebut dengan mengecek di pagespeed insight.

Mungkin kamu lupa memberi tag pada gambar, dengan gambar juga penting untuk optimasi pada postingan blogmu.

Mengupdate artikel harus memiliki perubahan terbaru tanpa merubah nilai inti artikel tersebut.

Tambahkan pula deskripsi penelusuran di postingan blogger dengan menyesuaikan keyword yang ada.

Nah, setelah mengupdate artikel coba lakukan pengindeksan kembali di google search console.

4. Internal Link

Solusi agar artikel lebih mudah terindeks dan tidak hanya terindeks google tetapi juga dapat nangkring pejwan yaitu dengan menambahkan internal link.

Fungsi utama internal link adalah untuk mempermudah robot google merayapi bahwa artikel kamu saling berkaitan dengan yang lain dalam satu situs.

Terdapat beberapa aspek yang perlu kamu ketahui saat memasukkan internal link di kontenmu :

  • Saat menyisipkan tautan harus yang sama dengan isi postingan tersebut.
  • Internal link saling berkaitan.
  • Kamu dapat menggunakan anchor pada internal link ini dengan generik anchor, anchor text match keyword, brand anchor ataupun long anchor.

5. Website Tidak Mobile Friendly

Buat kamu yang belum tau nih, atau ketinggalan info. Pada tahun 2019 lalu, Google mulai memprioritaskan website dengan tampilan yang mobil friendly.

Alias jika di akses melalui smartphone, website tetap bisa digunakan dengan nyaman.

Jadi, kalau saat ini website kamu masih belum bisa nyaman di akses melalui smartphone. Kamu harus mulai memikirkan untuk mengganti tema website kamu, menjadi lebih mobile friendly.

Solusi Website tidak mobile Friendly

Tentu solusi yang pertama harus kamu lakukan adalah, mengganti tema website kamu. Kamu bisa mengganti tema website kamu dengan menggunakan yang lebih ringan.

Untuk kamu pengguna blogger, sebenarnya banyak sekali loh penyedia layanan jasa template blog responsive yang bisa kamu gunakan untuk mendukung website kamu agar gampang terindeks.

Berikut penyedia jasa template blogger :

  1. Sugeng.id
  2. Jagodesain.com
  3. Theme62.com

6. Loading Website yang Lambat

Dalam proses indexing website, ada namanya Googleboot yang akan merayapi website kamu. Jadi, kalau website kamu lambat untuk diakses. Kemungkinan besar website kamu akan diabaikan dan tidak diprioritaskan untuk di indeks.

Jadi, sebelum kamu menyalahkan Google. Kamu lebih baik melihat kecepatan website kamu sendiri. Apakah sudah bisa diakses dengan cepat, atau masih harus nunggu loading lama dulu.

Solusi Loading Website Yang Lambat

Solusi yang bisa saya rekomendasikan, adalah dengan mengganti tema website kamu. Kalau kamu menggunakan blogger.

Atau, jika kamu sudah mengganti tema blog dan juga menghapus javascript yang kurang berguna. Tapi, masih tidak kamu akses dengan cepat. Ada kemungkinan server penyedia jasa layanan domain kamu bermasalah.

7. Kekurangan Konten Berkualitas

Website kamu mungkin sudah cepat aksesnya, dan juga sudah mobile friendly. Tapi konten yang kamu bagikan, tidak terlalu berkualitas. Atau bahkan hasil copy paste dari website orang lain.

Hal itu, sangat tidak disukai Google, kalau website kamu berisi konten yang tidak terlalu bermanfaat. Sebenarnya, website kamu bukan tidak bisa di indeks di Google, tapi memang di kecualikan untuk bisa masuk ke pencarian Google.

Solusi untuk Kekurangan Konten Berkualitas

Solusi yang bisa kamu ambil untuk mengatasi kekurangan konten berkualitas adalah, dengan memastikan konten artikel yang kamu buat memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Informatif.
  • Menjawab search intent pengguna, dan
  • Memiliki keunikan tersendiri.

Dan pastikan kamu tidak terlalu sering membuat konten yang hanya berisi sedikit saja informasi, karena hal itu bisa menimbulkan masalah pada dikemudian hari. Yaitu website kamu kemungkinan akan di deindeks.

8. Banyak Konten Duplikat

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kalau kamu membuat artikel atau mengambil artikel orang dan memasukan ke website kamu. Besar kemungkinannya, akan membuat website kamu susah di indeks.

Kenapa seperti itu? Karena tentu Google ingin menghadirkan konten yang beragam dan melindungi hak cipta dari penulis artikel asli yang kamu ambil artikelnya.

Solusi Untuk Banyak Konten Duplikat

Solusinya sudah saya jelaskan pada point “Kekurangan konten berkualitas” Sebenarnya, yaitu dengan membuat artikel original dan memiliki kriteria yang saya sebutkan diatas, yaitu artikel dibuat informatif dan mampu menjawab pertanyaan dari pengguna, juga artikel harus memiliki keunikan tersendiri.

9. Akses Googlebot Diblokir

Masalah klasik tentang website yang tidak bisa di indeks, adalah Akses Googlebot yang diblokir. Dimana Googlebot berperan menjadi Crawler yang merayapi website kamu untuk dimasukan kedalam arsip hasil pencarian google.

Kalau aksesnya kamu blokir, sudah jadi jaminan kalau website kamu tidak akan bisa di indeks Google sampai kamu membuka aksesnya lagi.

Solusi Untuk Akses Googlebot yang diblokir

Solusinya, tentu dengan membuka akses googlebot. Caranya, untuk blogger, kamu bisa masuk ke bagian Setelan > Crawler dan Pengindeksan lalu matikan robot.txt custom. Dengan begitu, Google akan bisa merayapi website kamu dengan bebas.

Tapi, kalau kamu ingin ada beberapa halaman yang tidak ingin di indeks Google, kamu bisa mengaktifkan robot.txt custom dan memasukan kodenya. Untuk kodenya, bisa kamu lihat dibawah ini.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /p/about.html
Disallow: /p/contact.html
Allow: /
Sitemap: https://blog-anda.com/sitemap.xml

Dalam contoh kode itu, ada halaman about dan contact yang tidak kita izinkan untuk di indeks oleh Google. Dan kita memberikan izin untuk Google mengindek Sitemap.xml kita.

10. Backlink

Backlink juga merupakan faktor pendukung agar setiap postingan dapat muncul di Serp google.

Backlink adalah tautan dari situs lain dan menuju situsmu. Nah, dengan kamu menerapkan backlink, maka googlebot akan lebih cepat untuk merayapi situsmu. Karena situsmu memiki kualitas.

Menggunakan backlink (dofollow) sangat dianjurkan untuk blog-blog yang masih baru.

Kesimpulan

Lamanya proses pengindeksan google sekitar 1 sampai 7 hari bahkan hingga 1 bulan bagi situs yang masih baru. Sedangkan untuk lamanya artikel dapat terindex dalam hitungan jam akan otomatis terindex bahkan 1 detik dapat diindex.

Tergantung kualitas konten yang ditulis, semakin baik kualitasnya maka akan semakin cepat proses terindex google. Selain itu, kamu dapat menerapkan seperti cara diatas.

Oke, saya rasa semuanya sudah saya jelaskan diatas tentang Cara Agar Postingan Blog Cepat Terindex Google. Semoga artikel ini bisa membantu kamu saat mencari informasi tentang cara cepat indeks ke Google. Terimakasih!

Hallo saya adalah penulis di blog bunghuda.com. Saya blogger biasa, cuma kebetulan suka menulis.