24 Contoh dan Pengertian Niche Teknologi

Daftar Isi

Saat awal membuat blog, kita harus menentukan niche yang tepat dan sudah kamu kuasai. Hal ini, bertujuan agar tidak putus ditengah perjalanan membangun blog.

Terdapat beragam topik atau niche, meliputi niche pendidikan atau edukasi, niche kesehatan, niche otomotif dan lain-lainnya.

Dalam membangun sebuah blog, jangan langsung menuju dengan niche berkompetitor banyak. Sudah pasti akan kalah saing dengan web-web besar, kecuali kamu sudah punya modal.

Cari aja mikro niche atau sub-niche nya dahulu...

Nah, pada artikel yang saya bagikan ini tentang contoh dan macam-macam mikro niche teknologi.

Sebelum ke inti pembahasan, baca ini dulu ya :) .

Pengertian Niche Teknologi

Apa itu niche teknologi?

Niche Teknologi

Niche teknologi yaitu sebuah topik dalam memberikan informasi tentang komputer, perangkat lunak atau aplikasi telekomunikasi, kecerdasan buatan, dunia internet dan lain-lain. Pada era digital yang terus berkembang, maka artikel dengan niche teknologi juga harus up-to-date.

Selain memberikan informasi, blog dengan niche teknologi dapat menjadi tempat untuk menyajikan ulasan dan review produk tekno terkini, perbandingan, tutorial atau cara dengan banyak gambar dan tangkapan layar.

Contoh dan Macam - Macam dari Niche Teknologi

Niche teknologi sangat luas dan kompetitornya sangatlah tinggi. Oleh karena itu, pikir-pikir dahulu sebelum terjun di niche ini.

Dari artikel ini, mungkin dapat menjadi sumber ide dalam membangun blog berniche teknologi. Agar blog lebih mudah bersaing di pencarian dengan judul tertentu, maka cari Mikro niche teknologi yang minim kompetitornya.

Berikut ini adalah contoh dan macam-macam mikro niche teknologi.

  1. Review Ponsel Android : memberikan ulasan mengenai fitur-fitur atau spesifikasi ponsel android.
  2. Ulasan Powerbank : pada mikro niche ini, kamu dapat mereview berbagai merek ataupun model juga memberikan informasi mengenai pengisian daya dan menawarkan paduan pembelian.
  3. Aplikasi Android : niche jenis ini mencangkup ulasan aplikasi, tips pengembangan, atau bahkan kumpulan download berbagai aplikasi Android.
  4. Review Smartwatch : jam tangan pintar selain sebagai penunjuk waktu, benda ini dapat melacak indikator kebugaran hingga dapat mengirim email dan memiliki bermacam fungsi. Dengan niche ini, kamu dapat memberitahukan mengenai spesifikasi, harga, dan paduan penggunaan jam tangan pintar ini.
  5. Tutorial Wordpress : blog yang memberikan informasi berkaitan dengan membuat situs dengan wordpress. Selain itu mendiskusikan tema, plugin dan optimasi.
  6. Tutorial Blogger : memberikan langkah-langkah membuat blog dengan platform blogger dan memberikan informasi mengenai optimasinya. Juga, rekomendasi template terbaik dan membuat widget di blogger.
  7. Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO) : topik dengan pengoptimasi konten untuk mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi terkait.
  8. Smart Glasses : kacamata pintar dapat menjadi mikro niche seperti review, harga, spesifikasi dan penggunaan di keseharian.
  9. Bahasa Pemrograman : memberikan tutorial dan pengertian mengenai bahasa pemrograman.
  10. Laptop Gaming Terbaik : blog khusus yang memberikan informasi mengenai laptop untuk game.
  11. Linux : memberikan paduan untuk pemula hingga memecahkan masalah dan perbandingan sistem operasi lainnya.
  12. Review Produk Teknologi : memberikan ulasan mengenai produk yang dimuat dalam artikel.
  13. Manajemen Domain dan Platform Hosting : blog yang berfokus pada tutorial dan review layanan penyedia hosting dan domain untuk membuat situs web.
  14. eReader : mikro niche buku digital dapat meliputi memberikan ulasan perangkat eReader, rekomendasi ebook dan tips memaksimalkan eReader.
  15. Drone : blog yang membahas tentang ulasan produk, panduan pembelian drone, tips dan cara merawat, hingga penggunaan drone khusus industri.
  16. Periklanan : blog yang memberikan tips dan trik mendapatkan pengiklan, seperti Adsense, AdNow, MediaNet, Propeller Ads, Infolinks, Adsterra dan lain-lainnya.
  17. Aplikasi Iphone : niche jenis ini mencangkup ulasan aplikasi, tips pengembangan, atau bahkan kumpulan download berbagai aplikasi Iphone.
  18. Game : blog khusus dalam memberikan tips dan trik untuk memenangkan permainan. Selain itu, memberikan ulasan cara top up membeli atribut dalam game.
  19. Coding : blog khusus memberikan tips dan cara membuat suatu project tertentu dengan menggunakan bahasa pemrograman.
  20. Berita Dunia Teknologi : memberikan berita terbaru dari dunia tech.
  21. Windows : memberikan informasi pembaruan windows, menyelesaikan kendala-kendala di komputer.
  22. Tutorial Excel : blog yang membahas mengenai fungsi, rumus, pintasan excel dan melakukan analisis data.
  23. Tutorial Ai : memberikan dan tutorial dalam penggunaan teknologi ai.
  24. Teknologi Energi Terbarukan : topik ini berisi tentang teknologi tenaga surya, angin dan hidro serta penerapannya di dalam bisnis.

Nah, itulah beberapa contoh dari mikro niche tekonologi, kamu dapat memilih untuk membuat topik artikel di blog. Selain itu, perhatikan pula dalam aspek keahlian atau pengalaman dalam suatu topik yang akan digunakan.

Jenis dan Cara Monetisasi Teknologi

Terdapat beberapa jenis ataupun tipe blog dengan niche teknologi antara lain;

  • Ulasan Blog Teknologi
  • Blog Tutorial Teknologi
  • Blog Berita Teknologi
  • Blog Perbandingan Produk Teknologi
  • Blog Postingan Tamu Teknologi
  • Blog Informasi Teknologi

Menghasilkan uang dari niche blog teknologi tidaklah mudah dan menguras waktu. Terdapat berbagai cara yang umum dilakukan antara lain;

  • Menampilkan iklan seperti adsense, ezoic dan lain-lainnya
  • Konten berbayar/ulasan produk.
  • Pemasaran afiliasi.
  • Jualan produk digital.

Demikian mengenai contoh dan jenis niche teknologi untuk ide blog. Semoga menambah referensi dan wawasan dalam membangun blog.

Huda
Huda Hallo saya adalah penulis di blog bunghuda.com. Saya blogger biasa, cuma kebetulan suka menulis.

Posting Komentar