Pengertian dan Cara Mendapatkan Backlink Tier 2

Daftar Isi

Saya akan membagikan informasi tentang backlink tingkat 2 (tier 2) dalam SEO.

Postingan blog ini untuk mempermudah dalam mendefinisikan mengenai backlink tier 2, juga mendapatkan macam dan contoh dari backlink tier 2 dalam membuat lebih banyak jenis backlink.

Tapi tahukah kamu, terdapat berbagi jenis backlink? Backlink tier 2 merupakan cara yang kurang dikenal, akan tetapi sangat efektif untuk meningkatkan peringkat situs anda.

Terdapat beberapa tingkatan backlink meliputi : backlink tier 1, backlink tier 2 dan backlink tier 3. Banyak pemilik situs web mengabaikan cara ini, yaitu dengan membuat backlink tier 2 dalam menciptakan sebuah strategi membangun tautan.

Silahkan simak artikel ini dengan seksama :)

Pengertian Backlink Tier 2

Apa itu backlink tier 2?.

Backlink Tier 2

Backlink tier 2 adalah tautan yang dibuat untuk meningkatkan nilai pagerank ke backlink tier 1 dan mengarah secara tidak langsung ke moneysite.

Pemahaman dalam membuat backlink tier 2 ini, juga harus mengarah ke tautan tier 1 (tingkat pertama). Lalu apa itu Backlink Tier 1?

Backlink tier 1 yaitu tautan yang mempunyai kualitas terbaik untuk diarahkan ke situs web utama (moneysite).

Maksud dari membuat backlink dari tier 2 adalah meningkatkan otoritas dari tautan pada tingkat 1 dan secara tidak langsung juga akan meningkatkan otoritas situs web utama.

Membuat tautan tingkat 2 ini, dapat menciptakan tautan yang lebih alami dan berfokus ke tautan tingkat.

Cara Mendapatkan Backlink Tier 2

Terdapat beberapa contoh untuk mendapatkan tautan tingkat 2 ini yang dibangun menuju tautan tingkat 1. Tautan ini tidak mempunyai kualitas yang tinggi dibandingkan dengan tautan berjenjang tier 1, akan tetapi mempunyai peran penting dalam membangun tautan.

Berikut ini contoh untuk mendapatkan backlink tier 2, antara lain;

1. Postingan Tamu

Guest Post atau postingan tamu merupakan artikel yang ditulis oleh orang lain dan bukan kontributor pada situs web atau blog, tetapi bertujuan untuk mempromosikan pihak tertentu.

Cara ini dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak jangkauan audien dan sekaligus membangun otoritas pada niche tertentu untuk mendapatkan backlink.

Akan tetapi, menerapkan postingan tamu (guest post) sangat penting dalam memperhatikan kualitas konten yang akan dipublikasikan dan kesamaan pada niche yang ditawarkan.

Jika terlalu banyak guest post dengan konten atau artikel yang tidak relevan dan kurang berkualitas dapat mengurangi otoritas situs web.

Terdapat situs yang menerima guest post terbaik di Indonesia seperti seedbackllink.com dengan member yang masih aktif.

2. Tautan Direktori

Tautan direktori yaitu url yang mengarah ke struktur folder ke sebuah website, secara sederhananya tautan yang menunjukkan tempat spesifik didalam situs web.

Tautan direktori berasal dari direktori website atau situs yang berfungsi sebagai kumpulan tautan untuk situs web lain. Tautan ini biasanya ditempatkan pada kategori yang relevan dan dapat membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks situs web Anda.

Terdapat beberapa situs yang dapat kamu gunakan untuk memperoleh tautan direktori seperti :

  • Google Profil Bisnis
  • Yelp
  • BOTW
  • Blogarama

3. Pertukaran Tautan

Saling bertukar link dengan situs lainnya untuk sama-sama mendapatkan backlink. Cara ini sama halnya pada postingan tamu (guest post), metode ini harus mendapatkan kesepakatan dari kedua belah pihak.

Pertukaran link ini perlu memperhatikan kesamaan topik antar situs.

4. Press Release

Siaran pers (press release) merupakan cara mempublikasikan informasi seperti kelembagaan, peluncuran suatu produk ataupun situs web. Cara ini adalah langkah terbaik dalam mengirimkan situs ke siaran pers online dan dapat membantu meningkatkan trafik kunjungan ke situs web kamu.

5. Penanda Sosial

Apa itu penanda sosial? penanda sosial (social bookmarking) adalah cara untuk pengguna internet dalam mencari, mengatur, mengelola, dan menyimpan sumber daya secara online.

Adapun contoh dari situs penanda social antara lain :

  • Twitter
  • Pinterest
  • Medium
  • Quora
  • Tumblr
  • Reddit

Berbeda halnya pada penanda browser yang sangat terbatas pada satu tempat. Sedangkan situs penanda sosial online dapat diakses pada perangkat apapun.

Nah, demikian mengenai pengertian dan cara mendapatkan backlink tier 2 untuk meningkatkan otoritas pada backlink di tier 1 kamu.

Huda
Huda Hallo saya adalah penulis di blog bunghuda.com. Saya blogger biasa, cuma kebetulan suka menulis.

Posting Komentar